Disnakkan Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Sapi di Desa Sukabumi; Cepogo

Published by plid2018 on

BOYOLALI – Setiap dua bulan sekali, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali melaksanakan bantuan pemeriksaan sapi dan pengobatan sapi secara gratis. Pada Selasa (12/2), pemeriksaan dilakukan di Dukuh Ringin Putih, Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo yang diikuti lebih dari 50 ekor. Pada kesempatan tersebut bantuan pemeriksaan sapi yang diberikan berupa pemberian vitamin dan obat cacing kepada sapi. selain itu juga terdapat pengobatan sapi yang gatal-gatal.

Kepala UPT Pusast Kesehatan Hewan Kecamatan Ampel (membawahi kecamatan Ampel, Selo, Cepogo, Gladagsari), Sutardi mengharapkan masyarakat memanfaatkan kesempatan pengobatan gratis ini sehingga sapi dalam kondisi sehat sehingga memberikan keuntungan bagi peternak.

“Dari pengobatan rutin ini masyarakat puas dengan pelayanan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali puasnya karena diadakan pengobatan secara gratis dan kemudian sapi dari masyarakat akan sehat dan cepat gemuk sehingga menguntungkan bagi peternak sendiri,” terangnya.

Pada musim penghujan seperti ini, peternak banyak keluhan sapi yang mengalami kekembungan.

“Keluhan peternak warga Sukabumi apabila di musim penghujan ini banyak sapi yang kekembungan dikarenakan memberikan rumput pada pagi hari. Dan sedangkan pada musim kemarau makanan hijauan atau rumput akan berkurang dan diganti dengan jerami yang didatangkan dari sawah sawah di daerah bawah,” imbuh Sutardi.

Seperti diketahui warga Desa Sukabumi mayoritas bekerja di sektor pertanian dan lebih banyak beternak sapi jantan dikarenakan lebih menguntungkan daripada beternak pada sapi betina. Kegiatan pemberian bantuan pemeriksaan sapi ini diapresiasi peternak dan berharap sering dilaksanakan.

“Kegiatan seperti ini sangat positif sekali dan harapannya sering-sering untuk dilaksanakan khususnya di Desa Sukabumi,” terang salah satu peternak Sholeh Mawardi. (bas)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *