TPID Kecamatan Musuk dan Tamansari Gelar Bazar

BOYOLALI - Menggali potensi unggulan desa, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Musuk dan Tamansari, Kabupaten Boyolali menggelar bazar di kantor kecamatan setempat pada Senin (29/7/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk melihat potensi desa unggulan dari 20 desa di dua kecamatan tersebut.

Noko Alee selaku Ketua  TPID Kecamatan Musuk, mengatakan, bahwa terdapat 20 desa di Kecamatan Musuk  dan Kecamatan Tamansari sebagi desa unggulan inovatif melalui bazar produk.

“Kegiatan ini yang pertama kali untuk di tingkat kecamatan Musuk, namun bila di tingkat Kabupaten Boyolali sudah kedua kalinya,” katanya di aula Desa Musuk, Kecamatan Musuk.   

Pihaknya mengatakan, terdapat tiga program unggulan utama dan empat unggulan inovatif pada 2019 ini, diharapkan menjadi embrio di 2020 mendatang.

“Di Kecamatan Musuk sendiri memilik program unggulan, yakni PAUD Inklusi Tersenyum dari Desa Ringinlarik, produksi bunga mawar, sanggar wayang talang, Desa Wisata di Desa Cluntang serta biogas yang berada di Desa Musuk ini menjadi salah satu desa unggulan inovatif,” imbuhnya.  

Melalui dana desa yang dianggarkan dari pemerintah pusat, setiap desa di Kabupaten Boyolali dapat memprogramkan sebagai desa inovatif.

“Ini seharusnya setiap desa dapat menganggarkan dari dana desa untuk menggali potensi desanya masing -masing,” terangnya lebih lanjut.

Kata Noko, melalui kegiatan menggali desa inovasi ini, dapat mendukung desa inovatif di Kecamatan Musuk. Dengan begitu, diharapkan setiap desa memiliki komitmen mengali potensi desa dan memperkuat UKM di desanya masing masing.

“Desa harus komitment dan mengembangkan desanya masing masing,”tandasnya.  

Menurutnya, selama ini sebenarnya setiap desa memiliki berbagai potensi. Namun,desa sendiri belum banyak yang teranggarkan dengan jelas bagaimana untuk menggali potensi di desanya sendiri.

“Banyak potensi desa yang dapat digali. Tentunya, adanya dana desa, desa sendiri dapat menggali potensi desa serta menjadi desa yang inovatif,” pungkasnya.(Tim Liputan Diskominfo Boyolali).

Share this Post: