TBBM Teras Simulasi Penanggulangan Kebakaran

BOYOLALI - Simulasi antisipasi kebakaran dilakukan jajaran karyawan Terminal BBM (TBBM) Teras, Boyolali, Rabu (28/8/2019). Kegiatan inimelibatkan unsur kepolisian, pemadam kebakaran dan jajaran terkait ini disimulasikan adanya nyala api di dekat tangki penimbunan BBM. Sirine penanda bahaya berbunyi, namun pekerja langsung mengetahui dengan cepat dan menyemprotkan alat pemadam ringan (Apar). Namun, api masih juga terus menyala. Pekerja itu pun lalu melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan diteruskan ke dinas pemadam kebakaran Boyolali. Usai menerima laporan, mobil pemadam kebakaran pun langsung dikirimkan ke lokasi kejadian.

Petugas pemadaman langsung menyemprotkan air untuk memadamkan amukan si jago merah. Tak hanya itu saja, petugas TBBM juga ikut menyemprotkan air dari hidran yang tersedia di lokasi TBBM.

Penyemprotan air dilakukan tepat dan terarah agar api tidak menjalar ke tangki BBM. Sebab, jika sampai api menyambar tangki BBM, maka dikhawatirkan api akan cepat membesar dan kebakaran sulit dikendalikan. Hingga kemudian api pun perlahan dipadamkan.

Menurut Operation Head TBBM Teras, Mangku Hidayat Basuki, simulasi tersebut dipersyaratkan Pertamina untuk menanggulangi keadaan darurat dan koordinasi dengan stakeholder lainnya. Tak hanya penanganan kebakaran, dalam kegiatan itu juga dilakukan penanganan karena adanya ancaman bom.

“Kegiatan simulasi seperti ini dilakukan rutin setiap tahun untuk mengecek kesigapan petugas kami,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam simulasi juga digambarkan adanya dua orang mengalami luka bakar. Yaitu, satu orang dari petugas TBBM dan satu orang lagi dari petugas pemadam kebakaran. Namun, kedua korban secepatnya dievakuasi dengan mobil ambulans dan dibawa ke rumah sakit guna menjalani perawatan.

Tak hanya itu saja, simulasi juga mencakup adanya bahaya ancaman bom. Sehingga petugas TBBM harus berkoordinasi dengan jajaran Polres Boyolali guna mengatasi hal itu, sekaligus menjinakkan bom yang ada.

“Petugas dengan bantuan anjing pelacak serta peralatan lengkap berhasil menemukan bom tersebut dan menjinakkannya,” tandasnya. (dst)

Share this Post: