SMAN 1 Boyolali Juarai Lomba PCTA dan Maju Tingkat Nasional Wakili Jateng

SEMARANG - Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN) Boyolali mendulang sukses dalam Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang digelar Kantor Perwakilan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Provinsi Jawa Tengah, di aula Wisma Pemda Jateng pada Selasa-Rabu (23-24/7/2019) lalu. Dengan mengandaskan perwakilan SMA dan perguruan tinggi di Jawa Tengah lainnya, SMA kebanggaan Kota Susu itu berhak mewakili Jateng di tingkat nasional untuk kategori SMA. PCTA kali ini mengusung tema Inovasi dan UMKM, SMAN 1 Boyolali yang digawangi Bayu Adhi dan Edgar Wicaksono membawa gagasan berupa Helm Pintar Andasya.

 

"Perangkat ini merupakan helm canggih yang di dalamnya ditanam beberapa perangkat yang bisa membantu para pengguna helm saat  helm itu tidak terpasang dengan benar," terang guru pembimbing PCTA SMAN 1 Boyolali, R. Handoko ketika dimintai keterangan melalui telepon seluler.

Helm tersebut terang Handoko bisa berfungsi sebagai peringatan jika tidak terpasang dengan benar atau pengendara melewati kecepatan tertentu.

"Jika tidak benar pemakaiannya, dalam  waktu lima detik akan ada peringatan yang berbunyi sebanyak tiga kali. Helm juga bisa memperingatkan pengguna kendaraan saat melebihi batas  kecepatan jadi bisa membantu menekan angka kecelakaan," imbuh Handoko.

Dikatakan helm pintar, helm ini juga terkoneksi dengan telepon pintar serta terpasang panel surya untuk mengisi daya dengan sinar matahari. Kemudian helm ini mampu terlacak dalam jarak sejauh 30 hingga 40 kilometer.

Persiapan hanya satu bulan untuk mengikuti perlombaan karya inovasi tentang UMKM yang bisa diterapkan masyarakat dan dikolaborasikan potensi bakat siswa ini. Waktu singkat menjadi kendala yang dihadapi.

"Waktu persiapan yang  singkat di masa liburan panjang sekolah libur Puasa dan Lebaran. Tapi anak-anak tetap berusaha dan akhirnya menang dan maju ke tingkat Nasional bulan September mendatang," jelas Handoko.          

Untuk itu pihaknya berharap bisa mampu meraih juara Nasional  dan membawa nama  baik Kabupaten Boyolali  di Tingkat Nasional. (mjk)

Share this Post: