Paripurna DPRD Boyolali Bahas Laporan Kinerja Bapemperda dan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2020

BOYOLALI – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boyolali menyampaikan laporan kinerja masa keanggotaan Tahun 2014-2019. Agenda tersebut diselenggarakan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Boyolali, pada Kamis (15/8/2019) dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, S. Paryanto didampingi Wakil Ketua DPRD Boyolali Fuadi, Tugiman dan Adi Maryono. Serta dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat.

 

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Boyolali, Lambang Sarosa menjelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, diatur beberapa fungsi yang melekat pada tugas anggota DPRD. Yakni fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan dimana Bapemperda ada di dalam fungsi tersebut.

 

“Bapemperda merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dan khusus menangani bidang peraturan daerah,” ujar Lambang.

 

Selain penyampaian laporan kinerja Bapemperda DPRD Kabupaten Boyolali, dalam rapat tersebut juga disampaikan laporan hasil pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Boyolali Tahun Anggaran 2020.

 

Disampaikan Sekretaris DPRD Kabupaten Boyolali, Mulyono Santoso, bahwa kebijakan umum anggaran berfungsi sebagai salah satu penentu kapasitas dan penyelenggaraan pemerintah daerah selama satu tahun. Diharapkan dapat menunjang diterapkannya model anggaran berbasis kinerja yaitu dengan menekankan bahwa setiap alokasi biaya yang dikeluarkan harus dikaitkan dengan tingkat pelayanan atau hasil yang diharapkan dapat dicapai.

 

“Penyusunan KUA-PPAS APBD Kabupaten Boyolali Tahun Anggaran 2020 dimaksudkan juga untuk penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang disepakati bersama antara DPRD Kabupaten Boyolali dengan pemerintah daerah,” terangnya.

 

Usai penyampaian laporan hasil pembahasan KUA-PPAS APBD Kabupaten Boyolali Tahun Anggaran 2020, dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali yang dilakukan Wabup Said dengan DPRD Kabupaten Boyolali. (bet/hri)

Share this Post: