Artikel PPID Boyolali

Kepala BNPB Tinjau Merapi

BOYOLALI - Meningkatnya aktivitas Gunung Merapi, mendapat perhatian dari berbagai pihak. Untuk melihat situasi gunung teraktif tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo meninjau langsung perkembangan Gunung Merapi.

 

Menggunakan helikopter, Doni mendarat di Lapangan Samiran, Kecamatan Selo pukul 08.35 WIB. Setiba di Selo, Doni memonitoring erupsi dan dampak yang kemungkinan dapat timbul dalam upaya pengambilan kebijakan.

 

"Sehingga kemudian dapat diambil langkah yang cepat dan tepat sasaran untuk mengurangi risiko terjadinya bencana apabila terjadi erupsi Gunung Merapi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati pada Jumat (20/11/2020).

 

Perjalanan kemudian dilanjutkan via darat ke Tempat Penampungan Pengungsi Sementara (TPPS) Desa Tlogolele, Klakah dan Jrakah. Dalam kunjungannya, Doni menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) untuk penanganan siaga darurat Gunung Merapi, masing-masing senilai Rp 1 miliar.

 

Selain itu, BNPB juga memberikan dukungan bagi penanganan para pengungsi dalam penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di lokasi yang menjadi tempat pengungsian sementara.

 

“Adapun rinciannya adalah satu unit mesin antigen, 15.000 catridge antigen, 200.000 masker kain, 250 jerigen hand sanitizer masing-masing 4 liter kepada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di wilayah masing-masing,” katanya. (dst)

Share this Post: