Kader Sukma Desi Bantu Peningkatan Kesehatan di Desa

BOYOLALI  – Program Sukarelawan Kader Muda Desa Siaga (Sukma Desi) di Kabupaten Boyolali terus dilakukan hingga tingkat bawah oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali. Hal ini seiring terbentuknya Rumah Sukma Desi di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan di Kecamatan Andong dengan tema “Desaku Kebangganku”. Bertempat di halaman Puskesmas setempat, pada Senin (18/11/2019), Dinkes Kabupaten Boyolali meresmikan Rumah Sukma Desi Kecamatan Andong.

Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina menjelaskan bahwa Sukma Desi merupakan proyek yang menggandeng para kaum muda desa untuk ikut serta menjadi agen promosi kesehatan di tempat tinggalnya.

“Kader muda dari tiap desa yang agar bisa menyelesaikan membantu menyelesaikan permaslahan kesehatan di desa,” ujar Lina

Tidak sampai disitu, pihaknya juga akan mendukung program kepala desa dalam hal kesehatan agar taraf kesehatan masyarakat di desa dapat meningkat. Terlebih saat ini bidan yang ada di desa dirasa kurang memadai untuk menjangkau seluruh masyarakat, sehingga perlu adanya bantuan dari kader Sukma Desi.

“Maka perlu dibantu dengan adanya kader kader Sukma Desi. Harapannya nanti dengan adanya kader kader Sukma Desi ini akan terjadi percepatan pembangunan kesehatan,” ungkap Lina.

Para kader Sukma Desi direkrut dan dibekali ilmu komunikasi dan kepemimpinan. Hal itu bertujuan untuk menjadikan mereka kader muda yang terlatih dan menjadi promoter kesehatan serta fasilitator penggerak generasi muda yang peduli terhadap kesehatan lingkungan. (bas/hri)

Share this Post: