Dinkes Kembali Rilis 13 Kasus Penambahan Positif Covid-19

BOYOLALI – Pada Senin siang (13/07/2020) pukul 14.00 WIB, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina kembali merilis data penambahan pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19). Pihaknya memaparkan ada penambahan tujuh kasus positif Covid-19 di Kabupaten Boyolali setelah pada pagi harinya dirilis enam kasus. Sehingga dalam sehari terkonfirmasi ada 13 penambahan kasus positif Covid-19.

Kasus 081 dengan inisial SG dari Desa Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Pasien 081 melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) secara mandiri, kemudian dinyatakan reaktif. Kemudian yang bersangkutan melakukan PCR (polymerase chain reaction) dan dinyatakan positif.

Selanjutnya, untuk kasus 082 dengan inisial PJ dari Kecamatan Gladagsari. Pasien kasus 082 merupakan peserta screening Petugas Pemutahiran Data Pemilu (PPDP), yang dinyatakan reaktif setelah dilakukan rapid test dan dinyatakan positif setelah menjalani PCR.

Kemudian kasus 083 yang berinisial AZ dari Kecamatan Sambi yang merupakan kontak erat dengan pasien 065 yang berinisial NL. Kasus 083 merupakan tenaga kerja di Puskesmas Simo. Menindaklanjuti kasus 083, pihaknya akan menutup Puskesmas Simo pada hari Selasa (14/7/2020) esok agar dapat dilakukan penyemprotan disinfeksi. Hal ini dimaksudkan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

“Dan besok itu Puskesmas Simo akan kami tutup pelayanannya selama satu hari. Untuk dilakukan disinfeksi, pelayanan akan baru dibuka lagi pada hari Rabu,” jelas Lina.

Untuk kasus nomor register 084 dengan inisial SS dari Kecamatan Juwangi. SS merupakan salah satu anggota PPDP yang dinyatakan reaktif setelah dilakukan rapid test dan dinyatakan positif setelah menjalani PCR.

“Kasus kelima dengan nomor register 085 dengan inisial RH berasal dari Kecamatan Teras,” ungkapnya.

Selanjutnya untuk kasus nomor 086 berinisial CS berasal dari Kecamatan Boyolali. CS mengalami demam yang kemudian dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Boyolali. Setelah dilakukan PCR, CS dipindahkan perawatannya di ruang Brotowali rumah sakit setempat.

Dan yang terakhir, kasus 087 anak berinisial ZN berasal dari Kecamatan Sawit. Saat ini pasien 087 sudah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta.

Dengan dirilisnya 13 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini, pihaknya berharap warga masyarakat dapat lebih waspada akan penyebaran dan penularan virus Covid-19 ini. Ia juga memberikan imbauan untuk mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan. (dst)

Share this Post: