Boyolali Penuhi Lima Indikator STBM Tahun Ini

BOYOLALI – Kabupaten Boyolali telah mencanangkan diri sebagai kabupaten Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) melalui pilar pertama pada Tahun 2017 yang lalu. Predikat tersebut dipertahankan Kabupaten Boyolali dengan terus mengejar keempat indikator lainnya.

Kelima indikator kabupaten STMB tersebut yakni pilar pertama Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS); pilar kedua yakni Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS); dan pilar ketiga yakni Pengelolaan Air Minum-Makanan Rumah Tangga (PAMM RT). Pilar keempat Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PS RT) dan pilar terakhir yakni Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC RT).

“Saat ini Kabupaten Boyolali pilar satu sudah kita deklarasikan pada tahun 2017. Dan saat ini indikator empat pilar yang lainnya, Kabupaten Boyolali menduduki rangking tertinggi se-Jawa Tengah,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri Survivalina di sela sela acara Workshop Implementasi 5 Pilar STBM, yang digelar di Front One Hotel Airport; Kecamatan Ngemplak, Senin (5/8/2019)

Diharapkan dengan dilengkapi lima pilar tersebut, mampu menyelesaikan permasalahan permasalahan kesehatan di Kabupaten Boyolali.

“Dengan diselesaikannya indikator tentang kabupaten STBM, Kabupaten Boyolali akan menyelesaikan permasalahan terkait dengan STBM di tahun 2019,” harap Lina.

STBM merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan melalui lima pilar. Sehingga, Kementerian Kesehatan RI melakukan pendampingan selama lima hari guna melihat secara langsing implementasi STBM di masayrakat.

“Kita pilot pilar 3, 4 dan 5. Karena pilar 1 dan 2 sudah dianggap cukup advance, untuk pilar 3, 4 dan 5 kita ingin eksplor lebih dalam. Bagaimana pelaksanaan di  masyarakat,” terang anggota penilai dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Adelina Hutauruk.

Ditambahkan, karena Kabupaten Boyolali menjadi pusat belajar, maka pihaknya berharap agar prestasi Kabupaten Boyolali bisa dibawa ke level nasional. (dst/bet)

Share this Post: