Abu Vulkanik Bahayakan Warga, Polres Boyolali Gunakan AWC Bersihkan di Jalan

BOYOLALI - Hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Merapi pada Selasa (3/3/2020) pagi yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Boyolali cukup mengganggu aktivitas masyarakat. Dampak dari abu tersebut mengakibatkan jalan menjadi licin dan sangat berbahaya bagi pengguna jalan baik pesepeda, pengendara sepeda motor hingga mobil. Terpantau di sepanjang jalan Pandanaran; wilayah kota Boyolali, pengguna jalan tampak sangat berhati - hati mengendarai sepeda motor maupun mobilnya. Tidak jarang beberapa motor mengalami selip ban, meski tidak mengakibatkan kecelakaan fatal.

Jajaran Polres Boyolali yang dipimpin langsung wakapolres Boyolali, Kompol Dony Eko Listianto melakukan kegiatan sosial dengan menggunakan unit Armored Water Cannon (AWC) membersihkan jalan Pandanaran. Dengan penyiraman yang merata dan bertekanan kuat, jalanan sudah Nampak kelihatan bersih dari abu vulkanik

"Kami dari Polres Boyolali melaksanakan kegiatan bhakti sosial, dimana kami membantu membersihkan abu abu vulkanik yang ada di jalan raya karena setiap dilintasi kendaraan abu tersebut beterbangan. Yang kita khawatirkan nanti berdampak kepada kesehatan dan keamanan berkendara," tegas Donny.

Lebih lanjut Donny menjelaskan kegiatan penyiraman ini melibatkan satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara) dan Satuan lalu lintas (Satlantas) dengan menggunakan unit AWC yang berkapasitas 6000 liter. Sehingga dengan dua kali isi ulang, diharapkan sepanjang jalan Pandanaran akan bersih dari material abu vulkanik.

Sementara itu di Dukuh Beling, Desa Sangup, Kecamatan Tamansari yang terdampak abu vulkanik, warga melakukan kerja bakti menyapu jalan di desanya. Hal itu dilakukan setelah hujan abu bercampur pasir yang juga melanda wilayah tersebut mereda. Karena abu yang mengguyur wilayah itu juga cukup tebal dan bercampur dengan pasir cukup tebal yang membuat daun-daun serta rerumputan kelihatan memutih.

"Karena jalannya licin banyak pasir dampak letusan tadi pagi. Banyak (warga pengendara motor) yang jatuh, jadi kami langsung kerja bakti nyapu jalan," terang Tukijo setempat.
Untuk itu warga pun diimbau berhati-hati. Karena abu vulkanik di jalan yang sudah diguyur hujan, membuat jalanan menjadi licin. (dst)

Share this Post: