Kemenkeu Apresiasi Raihan WTP Kabupaten Boyolali

BOYOLALI – Tahun 2019 ini, dari 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah, masih terdapat satu Kabupaten yang belum memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan. Sementara Kabupaten Boyolali telah meraihnya selama delapan kali berturut-turut dari tahun 2011 sebagai apresiasi tertinggi dalam bidang pengelolaan keuangan. WTP salah satunya dinilai dari penyajian data keuangan secara wajar, yakni memiliki dokumen perencanaan, harga perhitungan, dan realisasi yang tidak melampaui harga perhitungan tersebut.

“Prestasi Boyolali ini cukup fenomenal dan diharapkan mampu menginspirasi Pemerintah Daerah lain,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah dalam acara penyerahan plakat dan piagam kepada Pemkab Boyolali atas capaian WTP 2019 yang digelar di Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali pada Jumat (18/10/2019) siang.

Di samping menyerahkan piagam penghargaan, Kanwil dibawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada Kementerian Keuangan ini dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang diwakili Bupati Boyolali, Seno Samodro menandatangani nota kesepahaman pemanfaatan bersama dan informasi serta penguatan koordinasi pengelolaan keuangan publik. 

“Kanwil Jateng berupaya membangun sinergi dengan pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan APBN,” jelas Sulaiman.

Sementara Bupati Seno Samodro berharap dengan adanya penghargaan berturut-turut bisa memotivasi perbaikan sistem di tubuh Pemkab Boyolali. 

“Ini memang sistem, sehingga ganti bupati seribu kali pun sistemnya tetap bagus, memang harus profesional,” ujarnya.

Seno menyebutkan salah satu keunggulan Boyolali ada pada sistem Non Cash Transaction (NCT). Sistem transaksi nontunai ini dinilai mampu menekan angka penyimpangan dan meningkatkan akuntabilitas dan efektifitas.

“Semoga ini bisa dipertahankan dan tingkatan di Kabupaten Boyolali karna pada dasarnya pengelolaan uang itu untuk kemakmuran rakyat," harap Bupati Seno. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali).

 

Share this Post: