Bupati Tetapkan Status Tanggap Darurat Covid-19 di Boyolali

BOYOLALI -  Kondisi penanganan dan pencegahan wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Boyolali berkembang dinamis. Menyikapi semakin bertambahnya kasus terkonfirmasi positif virus Corona ini, akhirnya Bupati Boyolali, Seno Samodro menetapkan status tanggap darurat bencana di Boyolali. Status tersebut merubah dari yang semula siaga darurat ini ditetapkan dengan surat keputusan Bupati Boyolali nomor 360/326 Tahun 2020 tertanggal 21 April 2020.

Terkait status tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Masruri menjelaskan diambil dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya dengan bertambahnya jumlah pasien yang terpapar virus tersebut.

“Meningkatkan status Siaga Darurat Bencana menjadi Tanggap Darurat Bencana Wabah Penyakit Covid-19 di wilayah Kabupaten Boyolali. Peningkatan status terkait virus Corona itu diambil dengan sejumlah pertimbangan,” terangnya ketika ditemui di kantornya pada Rabu (29/4/2020).

Masruri mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan penanganan Corona. Diantaranya dengan tidak melakukan aktivitas bepergian jika benar-benar tidak ada kepentingan yang mendesak. Selain itu juga pelaksanaan ibadah dalam bulan Puasa Ramadhan ini untuk disesuaikan.

“Untuk salat tarawih di rumah dan harapan agar masyarakat peduli dan paham tentang social distancing (pembatasan sosial) dan physical distancing (pembatasan fisik) dan penggunaan masker di manapun,” imbuh Masruri.

Masa berlaku status tanggap darurat ini ditetapkan selama 39 hari hingga 29 Mei 2020. Namun pihaknya juga akan melihat perkembangan dan kondisi yang terjadi. Hal lain yang juga telah disesuaikan yakni kegiatan belajar dan mengajar siswa serta kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

“Status ini belum dapat dipastikan sampai kapan dan untuk pegawai, Work From Home masih dilanjutkan sampai 31 Mei [2020]. Jadi kita lihat dan dievaluasi lagi dan melihat perkembangan dari bencana ini," tandasnya.

Masruri juga berharap masyarakat ikut berpartisipasi dan membantu pemerintah dan tim kesehatan mencegah dan menangani Covid-19 agar cepat selesai. (dst)

Share this Post: